Selasa, 06 Desember 2016

PROPOSAL BISNIS



BAB 1
PENDAHULUAN

1.         LATAR BELAKANG
            Dewasa ini banyak makanan yang kurang sehat yang beredar di masyarakat. Banyak yang mengandung bahan pengawet dan MSG yang tentu saja tidak baik untuk kesehatan. Sehingga membuat makanan yang sehat dan terjangkau yang berbahan dasar buah-buahan akan diterima di pasaran.
            Produk makanan ini adalah “LUKI”. LUKI adalah singkatan dari Lumpia Kekinian. Mengapa makanan ini dinamai dengan sebutan LUKI? Karena makanan yang dibuat berbeda dari biasanya. LUKI berbahan dasar dari buah – buahan yang menyehatkan. Saus yang digunakan untuk LUKI ini adalah saus keju atau saus coklat yang sangat lezat.
            LUKI dipasarkan di daerah kampus UPN, LUKI dijual dengan cara keliling dan dititipkan di kantin–kantin yang ada di kampus UPN. Target pemasaran makanan ini adalah pelajar atau mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus.

2.         JUSTIFIKASI PEMILIHAN OBJEK USAHA
 Dipilihnya LUKI sebagai objek usaha karena beberapa alasan, antara lain :
 a. peluang bisnis LUKI masih terbuka lebar.
 b. LUKI memiliki nilai gizi tinggi.
 c. LUKI mudah dibuat dan bahan yang dibutuhkan mudah didapat dipasar.


3.         TUJUAN USAHA YANG DIKEHENDAKI
a. Menumbuhkan budaya kewirausahaan di kalangan mahasiswa untuk mendorong terciptanya wirausaha disekitarnya .
 b. Berorientasi pada profit, sebagaimana layaknya wirausahawan yaitu; menghasilkan laba, untuk menunjang keperluan kuliah.
c. Mengembangkan wawasan dan meningkatkan kedewasaan akademik mahasiswa sebagai cerminan masyarakat ilmiah yang bertitik tolak pada pemantapan budaya akademik yang mengarahkan pada terciptanya suasana akademik yang kondusif.



BAB 2
PEMBAHASAN
2.1.      ANALISIS PRODUK
         LUKI adalah jajanan atau makanan ringan yang sehat, bergizi, nikmat, murah, dan halal. Makanan ringan tersebut yang diberi nama “LUKI (Lumpia Kekinian) yang berbahan dasar dari buah-buahan, yaitu buah Apel dan buah Mangga, karena buah Apel dan buah Mangga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
·         Manfaat dari buah Apel diantaranya:
1.      Membantu kerja usus halus 
2.      Mengurangi resiko gangguan pernapasan
3.      Menyehatkan rongga mulut dan gigi
4.      Memberikan perlindungan pada tulang
5.      Mengkontrol gula darah
6.      Mencegah dan Mengobati Kanker
7.      Kesehatan Otak
8.      Mencegah Parkinson
9.      Menurunkan Kolesterol
10.  Baik untuk pencernaan
11.  Menyehatkan Jantung
12.  Mencegah batu empedu
13.  Mengatasi Diare dan Sembelit
14.  Detoksifikasi Hati
15.   Mencegah katarak
16.  Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh manusia
17.  Mencegah wasir
·         Manfaat dari buah Mangga diantaranya :
1.      Bisa dijadikan sebagai pencegah penyakit Kanker
2.      Mampu menurunkan kadar kolestrol yang tidak baik untuk tubuh kita
3.      Membantu meberikan nutrisi yang baik dan sehat untuk mata
4.      Bisa melindungi pencernaan anda karena memiliki banyak serat yang akan membantu memperlancar pencernaan.
5.      Dapat menjaga tubuh sehingga selalu dalam kedadaan fit dan meningkatkan daya tahan imun kita dari serangan berbagai macam penyakit jahat,
6.      Buah mangga juga sangat baik dan bermanfaat bagi ibu hamil, apalagi buah mangga sudah tidak asing lagi sering dicari oleh ibu yang sedang ngidam
7.      Dapat membantu meningkatkan kadar insulin.
8.      Mengandung kadar glikemk yang rendah, sehingga apabila penderita diabetes mengkonsumsi buah mangga tidak akan membahayakan.
9.      Dengan meminum jus mangga akan membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan mengurangi rasa letih tubuh
10.  Mampu menurunkan panas dalam tubuh
11.  Dapat digunakan sebagai desinfektan bagi tubuh.
12.  Dapat membantu membersihkan darah
13.  Mampu menghilangakan bau badan yang berlebih pada tubuh
14.  Dapat membantu menstabilkan denyut jantung
15.  Mengaktifkan Kontraksi pada otot 
16.  Membantu tekanan radah pada tubuh
17.  Bisa juga dipakai untuk menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan
18.  Mengobati penyakit influenza
19.  Asma
20.  Gusi berdarah
21.  Peradangan pada tenggorokan
22.  Mengobati dan mengurangi dampak karena cacingan
23.  Mengobati gangguan menstruasi
24.  Hernia
25.  Rematik

2.2. ANALISIS PASAR                           
 2.2.1. Profil Konsumen
 Mahasiswa UPN, maupun masyarakat sekitar pada umumnya.
2.2.2 Potensi dan Segmentasi Pasar
            Saat ini bisnis LUKI (Lumpia Kekinian) di kota Yogyakarta masih jarang, padahal LUKI mempunyai prospek yang sangat bagus, karena mempunyai gizi yang sangat tinggi apalagi berorientasi pada bisnis. Hal ini kota Yogyakarta  berdiri sebuah universitas negeri yaitu Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” yang mana terdapat segmentasi pasar yang sangat potensial yaitu mahasiswa UPN. Target konsumen bisnis LUKI adalah mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta yang berdomilisi di kampus 1 dan 2 UPN dan pada masyarakat sekitar kampus.
2.2.3. Pesaing dan Peluang Pasar
            Pada saat ini banyak berbagai macam jenis makanan yang berbahan dasar dari kulit lumpia, yang berisi sayur mayur, ayam, dan masih banyak lainnya, jarang sekali kita menemukan lumpia yang berisi dari buah-buahan. Maka dari itu dengan inovasi dibuatlah lumpia yang berisi dari bahan dasar buah-buahan seperti buah Apel dan buah Mangga. Peluang pasar dari bisnis ini cukup besar karena jarang kita menemukan makanan yang sehat dan bergizi. Untuk pesaing dari bisnis ini masih banyak masyarakat yang belum mencoba LUKI karena lumpia yang berisi buah-buahan. Maka dari ini untuk meperkenalkan kepada konsumen tentang LUKI melalui promosi. Bisnis ini akan terus dikembangkan melalui media social dan kantin-kantin diluar UPN “Veteran” Yogyakarta.
2.2.4. Media Promosi Yang Akan Digunakan
Banyak media alternative media promosi yang bisa digunakan untuk memplubikasikannya, sehingga lebih dikenal oleh mahasiswa. Media itu berupa media social (facebook, instagram, tweeter, line, BBM, WA), brosur, dan yang paling efektif secara lisan.
2.2.5. Target Atau Rencana Penjualan
            Target Universitas  = 4 Universitas
            Target mahasiswa = 25 mahasiswa per Universitas x 4 Universitas = 100 mahasiswa
Target penjualan LUKI per hari = 100 bungkus mika
Target per bulan =  100x20 = 2000 bungkus mika
Target per tahun = 2000x12 = 24000 bungkus mika
Target penjualan 100% dari total produksi yaitu 24000 bungkus mika per tahun. Satu bungkus mika isi 3 buah lumpia + saus coklat dan saus keju, harga tiap bungkus mika = Rp 6000 ,00
2.2.6. Strategi Pemasaran Yang Ditetapkan
 1. Kebijakan produk
Usaha ini bergerak pada bidang produksi dan distribusi, jenis produk ini berupa makanan ringan yaitu LUKI (Lumpia Kekinian).
 2. Kebijakan harga
 Harga yang diberikan kepada konsumen yaitu sebesar Rp 6.000/bungkus mika.
3. Kebijakan Promosi
            Banyak media alternative media promosi yang bisa digunakan untuk memplubikasikannya, sehingga lebih dikenal oleh mahasiswa. Media itu berupa media social (facebook, instagram, tweeter, line, BBM, WA), brosur, dan yang paling efektif secara lisan.
 4. Kebijakan distribusi
Distribusi LUKI kepada konsumen dilakukan secara langsung, dititipkan ke kantin-kantin Universitas, dan di pasarkan ke masyarakat sekitar kampus.
2.3. ANALISIS PRODUKSI ATAU OPERASI
 2.3.1. Bahan Baku
Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan LUKI adalah;
·         Kulit lumpia
·         Apel
·         Manga
·         Minyak goreng
·         Mentega
·         Gula pasir
·         Kayu manis
·         Coklat
·         Keju

2.3.2. Peralatan Yang Digunakan
Jenis peralatan dan perlengkapan yang digunakan, antara lain adalah sebagai berikut :
 a. Kompor
 b. Wajan atau alat penggorengan tempat penirisan.
 c. mangkok besar ddan kecil
 d. Sendok
 e. Piring
 f. Spatula
 g. Serbet
2.3.3. Pemasokan Bahan Baku LUKI
Perolehan bahan baku LUKI yaitu diperoleh dari pasar dan sekitarnya. Karena lokasinya dekat dengan tempat usaha, jadi dengan adanya ketersedian bahan baku yang memadai dapat menjamin keberlangsungan usaha LUKI tersebut.
2.3.4. Proses Produksi Atau Operasi
2.3.4.1.Pembuatan isi lumpia
Metode yang digunakan agar tujuan dari program ini tercapai adalah melalui berbagai tahapan sebagai berikut:
Tahap I
1.      Siapkan buah mangga , apel, kayu manis, dan bahan lainnya
2.      Kupas apel dan manga
3.      Potong dadu – dadu
Tahap II 
1.      Panaskan margarin, jika sudah meleleh masukkan apel yang sudah dipotong dadu – dadu, tunggu hingga berwarna keemasan lalu masukkan mangga, gula pasir dan taburkan kayu manis bubuk.
2.      Angkat dan pindahkan ke lain wadah.
3.      Siapkan kulit lumpia dan tuangkan isi lumpia sedikit demi sedikit ke kulit lumpia.
4.      Jika sudah siap, goreng hingga keemasan
Tahap III
Tiriskan dan siap disajikan.
Tahap IV : Tahap Pengemasan
LUKI yang telah digoreng lalu dikemas dalam kemasan mika plastik (olahan jadi dan siap dipasarkan)
Tahap V : Tahap Promosi dan Distribusi
Promosi dan pendistribusian LUKI dilakukan kepada konsumen secara langsung, dititipkan ke kantin-kantin Universitas, dan dipasarkan ke masyarakat sekitar kampus.
Tahap VI : Tahap Pemasaran
      Setelah produk dikemas maka selanjutnya dipasarkan. Pemasaran produk ini dilakukan secara langsung, dititipkan ke kantin-kantin Universitas, dan dipasarkan ke masyarakat sekitar kampus.
2.3.4.2. Rencana produksi selama satu tahun
Rencana produksi atau perbandingan LUKI adalah sebagai berikut :
Target penjualan LUKI per hari = 100 bungkus mika
Target per bulan =  100x20 = 2000 bungkus mika
Target per tahun = 2000x12 = 24000 bungkus mika
Target penjualan 100% dari total produksi yaitu 24000 bungkus mika per tahun. Satu bungkus mika isi 3 buah lumpia + saus coklat dan saus keju, harga tiap bungkus mika = Rp 6000 ,00
2.4. ANALISIS KEUANGAN
Untuk menentukan keberhasilan dalam usaha bisnis LUKI, maka diperlukan sebuah perancanaan bisnis yang matang. Perencanaan bisnis yang dilakukan dalam pembuatan LUKI mengarah pada perhitungan berikut.
Fixed cost
No
Jenis Pengeluaran Pembelian Peralatan
Volume
Satuan
Jumlah Biaya
1
Kompor
1 buah

Rp   200.000,00
2
Wajan
1 buah

Rp     50.000,00
3
Panci
1 Buah

Rp     30.000,00
4
Spatula 
1 Buah

Rp       5.000,00
5
Saringan
1 buah

Rp       4.000,00
Jumlah
Rp   289.000,00










Variable cost
No
Keterangan
Volume
Harga Satuan
Harga Jumlah
1
Kemasan mika
 100 Unit
Rp  40,00
Rp    4.000,00
2
Buah Apel
3 kg

Rp  54.000,00
3
Buah Mangga Harumanis
3 kg

Rp  45.000,00
4
Gula Pasir
1 kg

Rp  16.000,00
5
Minyak Goreng
2 lt

Rp  20.000,00
6
Kulit lumpia
300 unit

Rp  50.000,00
7
Coklat
1 kotak

Rp  15.500,00
8
Keju
1 kotak

Rp  20.000,00
9
Gas


Rp  10.000,00
10
Transport


Rp    7.500,00
Jumlah
Rp242.000,00













Fixed cost = 289.000
Variabel cost/unit = Rp 242.000,00/100 bungkus = Rp 2420
Penjualan = 100 bungkus x Rp 6.000,00 = Rp 600.000,00
BEP = biaya tetap / harga jual - variabel cost
         = 289.000/ 6000-5310
         = 418,8
         ≈ 419
Jadi pada volume produksi 419 bungkus usaha ini pada titik impas.


  
BAB 3
PENUTUP

3.1  KESIMPULAN
      Proposal bisnis ini layak untuk dibiayai karena dari sisi analisis keuangannya menguntungkan dan memiliki prospek pasar yang baik
      Usaha ini diyakini akan memberikan dampak positif dalam mengurangi pengangguran dan kemiskinan disamping memperbanyak wirausaha baru yang mandiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar